Selasa, 27 Juli 2021

Pentingnya Strategi Pemasaran Digital Bagi UMKM Perikanan

Pentingnya Strategi Pemasaran Digital Bagi UMKM Perikanan 


Gambar 1. Pemateri Workshop Pemasaran Online 

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kelautan dan perikanan diharapkan bisa meningkatkan daya saing di era new normal dengan memanfaatkan platform digital. Kepala Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja menyatakan, pemasaran secara digital adalah faktor penting bagi berbagai UMKM sektor kelautan dan perikanan untuk bertahan dan melaju pada masa pandemi.

“UMKM yang mampu bangkit dan berkembang di masa pandemi adalah UMKM yang menguasai ilmu dan menerapkan digital marketing,” ujar Sjarief dikutip dari Antara. Sjarief menjelaskan hingga saat ini masih sedikit UMKM kelautan dan perikanan yang terhubung dengan platform digital marketing. Sejumlah permasalahan antara lain adalah kendala teknologi, ketidaktahuan dan ketidakberanian para pelaku usaha UMKM kelautan dan perikanan.

“Digital marketing telah menjadi faktor penting UMKM KP agar mampu bertahan dan berkembang. Perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja dengan menggunakan platform belanja online ini menjadi peluang bagi UMKM KP untuk mengembangkan bisnisnya,” tambahnya. Ia mengingatkan bahwa hal lain yang tidak kalah penting dalam pemasaran suatu produk adalah iklan, di mana konten dalam sebuah iklan lebih baik bersifat global dan berkembang dari waktu ke waktu.

Pada era digital iklan disampaikan dalam bentuk video, foto, maupun suara. Untuk membuat iklan yang baik bisa dapat dimulai dengan sesuatu yang sederhana namun tidak terduga. “Butuh kejutan dan ide yang menghibur yang dapat memancing masyarakat untuk dapat meningkatkan engagement dari sebuah iklan,” ucapnya. Menurutnya dalam pembuatan konten yang bagus merupakan langkah awal dalam mempromosikan suatu produk. Konten harus menyampaikan informasi yang benar, konsisten, memiliki target pasar dan waktunya sesuai dengan selera pasar.

Sjarief juga menambahkan bahwa pemilihan media promosi menjadi krusial tergantung produk yang ditawarkan karena berbeda produk dapat berarti berbeda target konsumen, sehingga berbeda media sosial yang digunakan.

Meningkatnya pengguna internet setiap harinya merupakan peluang yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin guna mengembangkan kegiatan usaha. Demikian juga bagi pengusaha dari produk olahan hasil perikanan peningkatan penggunaan internet ini harus mampu mendorong penjualan produk hasil perikanan melalui pemasaran dan akses promosi yang berbasis pada media internet.

Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk perikanan dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk Anda.Website menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai informasi produk kepada calon pembeli, sehingga para konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke tempat usahanya. Selain itu website juga menjadi sarana bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan melayani pembayaran secara online atau melalui transver via bank. Kemudian barang akan dikirimkan kepada konsumen melalui jasa pengiriman barang seperti Pos, Tiki atau JNE. Dengan adanya website marketing, pemasaran produk dapat dilakukan secara otomatis menggunakan bantuan sistem internet.

Adanya pemasaran melalui internet marketing, selain memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Ternyata masih memberikan beberapa manfaat  lain yang menguntungkan perusahaan. Manfaat adanya pemasaran melalui internet antara lain sebagai berikut :

  • Pemasaran melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen selama 24 jam non stop. Karena internet memiliki sistem otomatis yang dapat memberikan respon dengan cepat bila ada pesanan maupun permintaan dari para konsumen. Sehingga permintaan produk dari konsumen, dapat Anda layani kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet
  • Pemasaran melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, Anda dapat menginformasikan produk Anda hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri
  • Dengan memakai strategi pemasaran melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan Anda dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi bisnis Anda untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada
  • Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box, dll
  • Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internat dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui email marketing, kotak saran atau ruang coment, serta forum diskusi antar konsumen. Sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda juga dapat meningkat.

Langkah memasarkan produk perikanan secara online :

Salah satu strategi pemasaran di bidang perikanan  yang sedang berkembang saat ini adalah melalui media internet, khususnya website di mana saat ini sedang berkembang pesat.  Website telah menjadi media penyebar informasi yang cepat, luas, dan mudah diakses dengan biaya yang cukup terjangkau. Hampir seluruh perusahaan kecil maupun besar saat ini telah menggunakan  website untuk melakukan pemasaran atau yang lebih dikenal dengan istilah  internet marketing (e-marketing).  Komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui media online sering disebut dengan e–commerceyang didefinisikan berbagai macam oleh para ahli. Secara umum e-commerce merupakan cara belanja atau berdagang secara online yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat Website yang menyediakan layanan “ get and deliver “.

Betapa pentingnya sistem pemasaran dalam segala usaha, termasuk usaha pemasaran hasil budidaya ikan . Usaha akan semakin tandus dan tidak berkembang dengan baik tanpa adanya marketing/pemasaran yang baik. Sistem marketing juga dapat dipelajari seiring dengan berkembangnya zaman.

Dahulu pemasaran ikan hasil budidaya hanya dilakukan secara offline, tapi kini seiring dengan kemajuan teknologi, pemasaran hasil perikanan bisa juga dijual melalui online.  Sistem pemasaran yang tepat dan mutakhir sangat penting bagi keberlangsungan usaha budidaya ikan.

 Budidaya ikan nila bisa dikembangkan dengan berbagai sistem pemasaran sehingga menghasilkan pendapatan yang besar.  Peternak/pembudidaya ikan bisa mempersiapkan segala macam bentuk pemasaran untuk mendapatkan hasil sebanyak dua kali lipat atau berkali-kali lipat dari sebelumnya.  Sebaliknya tanpa sistem pemasaran yang tepat, pembudidaya ikan hanya akan mendapatkan penghasilan yang stabil, konstan, dan tidak bisa meledak.  Selain itu,  tidak akan bisa mencapai target-target tertentu ketika tidak menerapkan sistem pemasaran yang tepat.

Pemasaran bisnis melalui internet (online) merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk perikanan dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah.Website menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai informasi produk kepada calon pembeli, sehingga para konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke tempat usahanya. Selain itu website juga menjadi sarana bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan melayani pembayaran secara online atau melalui transfer via bank.

Ada beberapa strategi pemasaran yang harus diterapkan sebagai pelaku budidaya ikan.  Pembudidaya ikan tidak bisa pasrah menjual hasil ikan nila hanya dari hasil panen saja yang dijual ke kilangan ikan.  Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Saat ini, banyak pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog, atau membuat akun di Facebook, Instagram, maupun Twitter untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan tersebut dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu cara dalam melakukan pemasaran online.

Pemasaran ikan nila secara online melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui pemasaran online, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah-daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk.

Berikut adalah beberapa cara atau strategi pemasaran ikan nila secara online yang dapat dicoba untuk bisnis ikan.

Riset Barang dan Pasar

Strategi pertama sebelum melakukan pemasaran ikan nila secara online adalah menentukan barang dan meriset pangsa pasar terlebih dahulu. Lihat persaingan yang ada dan mulai memikirkan apakah Anda bisa menyediakan ikan nila yang lebih baik dari yang sudah ada. Misal Anda ingin berjualan ikan nila, riset pasar yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak peternak ikan nila yang ada di sekitar lingkungan Anda, dan jika persaingan tidak terlalu ketat, maka riset kedua adalah menanyakan kepada diri Anda sendiri apakah bisa menyediakan ikan nila yang lebih baik (lebih murah, lebih sehat) dari pesaing Anda tersebut ?

Jika Anda merasa tidak sanggup, maka sebaiknya Anda mundur, dan lakukan riset untuk barang yang lainnya, karena jika Anda memaksakan untuk berbisnis ikan, namun pesaing Anda memiliki barang (ikan) dan pelayanan yang lebih baik dari yang akan Anda tawarkan, maka bukan untung yang didapat melainkan bisa rugi.

Menggali Kebutuhan Konsumen

Dalam melakukan riset, tugas Anda bukan hanya mencari barang yang memiliki keuntungan besar, melainkan Anda juga harus melakukan riset dan mencari tahu kebutuhan konsumen. Sebagai contoh Anda menjual ikan nila (karena keuntungan yang didapat besar), namun orang disekitar Anda lebih banyak yang memelihara burung, maka sekeras apapun Anda mencoba menjual ikan mahal tersebut tidak akan dibeli. Untuk itulah, mengetahui kebutuhan konsumen adalah hal terpenting.

Membuat Website

Pemasaran yang dilakukan secara online tidak akan efektif jika Anda tidak memiliki alat untuk memasarkan produk secara online. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk pemasaran adalah website. Website bisnis nantinya bisa Anda gunakan untuk menampung semua informasi produk dan jasa. Untuk membangun website, Anda harus membuat domain yang mudah diingat, agar nantinya pelanggan bisa mengetikkan langsung alamat website Anda. Setelah itu buatlah website Anda untuk masuk ke dalam peringkat atas mesin pencarian.

Rencana Promosi

Rencana  promosi tidak akan berjalan sesuai harapan jika Anda menjalankannya seorang diri. Agar berhasil dalam menjalankan rencana promosi yang sedang direncanakan, Anda memerlukan jasa dari desainer website, pengembang website dan jasa marketing yang ahli. Dengan menggunakan jasa yang mereka tawarkan, rencana promosi yang akan Anda lakukan akan lebih berhasil dibandingkan Anda menjalankannya seorang diri.

Email Marketing

Pernahkah Anda mendengar strategi pemasaran dengan cara ini?, email marketing sendiri adalah pemasaran dengan menggunakan email yang telah mendaftar di website Anda.  Dalam tampilan halaman website, pengunjung akan disuruh untuk memasukkan alamat email yang valid agar ketika ada produk baru, informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke alamat email yang sudah terdaftar. Sampai saat ini, pemasaran dengan cara ini masih responsif. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan cara ini.

Kelima cara pemasaran online di atas adalah secuil dari ilmu marketing yang ada. Pada dasarnya, cara pemasaran online sangat luas dan beragam, bergantung dari cara Anda sendiri dalam melakukannya. Jika Anda melakukannya dengan baik dan sesuai, maka hasil yang didapat juga tidak akan mengecewakan.

Anda bisa menjual hasil panen ikan nila melalui iklan di internet sehingga banyak khalayak umum yang mengetahui bahwa Anda memiliki usaha ternak ikan nila yang hasilnya cukup besar.  Sebagai pemula, Anda harus menjadi pengusaha yang aktif dalam hal menjual hasil panen ikan nila.  Keuntungan yang akan Anda dapatkan tentunya juga cukup besar jika dijual melalui internet.  Anda bisa mengusahakan bisnis ikan nila dari nol hingga meraup keuntungan yang sangat besar.

Perkembangan teknologi telah membawa pengaruh dalam penggunaan internet sebagai media pemasaran produk. Penggunaan internet merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan perusahaan. Dalam menghadapi arus globalisasi serta perubahan-perubahan yang kerap terjadi, perusahaan diharuskan untuk dapat memformulasikan alternatif strategi pemasaran pasca penggunaan internet

Sumber referensi :

https://mnews.co.id/read/fokus/pentingnya-strategi-pemasaran-digital-bagi-umkm-perikanan/

https://www.antaranews.com/berita/1865004/pandemi-kkp-pemasaran-digital-penting-bagi-umkm-perikanan

https://dpkpp.probolinggokota.go.id/pengembangan-usaha-perikanan-melalui-pemasaran-berbasis-online.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Budidaya Ikan Lele dengan Media Kolam Tanah dan Tips Pemeliharaannya Budidaya ikan lele merupakan salah satu kegiatan atau usaha yang b...