Selasa, 31 Juli 2018

Aplikasi Probiotik pada Budidaya Ikan

Aplikasi Probiotik pada Budidaya Ikan


Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang  dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat bakteri (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikroba yang paling umum dipakai.Namun kali ini Probiotik yang akan kami bahas bukanlah probiotik yang untuk dikonsumsi manusia, melainkan bagaimana cara membuat probiotik yang bagus untuk penambahan nutrisi ikan (lele, nila dan mas). Probiotik kini sedang marak dipraktekkan pada media kolam (tanah dan terpal) untuk budidaya ikan air tawar dan payau.
Dalam usaha budidaya intensif ataupun semi intensif ikan dan udang, hal yang sangat menentukan keberhasilan adalah perawatan ikan dan pencegahan, serta penanganan penyakit. Wabah penyakit dapat mengakitbatkan usaha budidaya ikan menjadi gagal, dan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Oleh karena itu penting bagi pembudidaya mengendalikan penyakit pada ikan secara efektif dan efesien.

Berikut 3 Faktor Pentingnya Probiotik pada Budidaya Perikanan :

1. Kondisi Lahan Budidaya yang Tidak Ideal
Kondisi tanah kolam yang dipakai secara terus menerus lama kelamaan kesuburannya menurun. Apalagi kalau tidak dikelola dengan baik tentu berdampak pada dasar tambak dan menimbulkan bakteri jahat yang bisa membuat ikan mudah terserang penyakit.
Probiotik dapat berperan Menekan pertumbuhan bakteri patogen dan mempercepat degradasi bahan organik serta limbah.

2. Kualitas Air yang Kurang Optimal

Timbunan bahan organik dari sisa pakan, pupuk organik, dan ekskresi ikan yang mengendap di dasar tambak dan tidak dibarengi dengan sistem pengelolaan air yang baik akan memacu penurunan kualitas air pada tambak, khususnya algae blooming yang menyebabkan deplesi oksigen dan keracunan pada ikan,
Pemberian probiotik melalui lingkungan (air dan dasar tambak) bertujuan Memperbaiki serta mempertahankan kualitas air dan dasar tambak, mengoksidasi senyawa organic sisa pakan, kotoran ikan, plankton dan organisme mati, menurunkan senyawa metabolit beracun (ammonia, nitirt , H2S) dan mempercepat pembentukan dan kestabilan plankton.

3. Nafsu Makan Ikan yang Kurang Merata

Sering kali pembudidaya menemukan masalah terhadap pembesaran ikan yang tidak merata, ini bisa disebabkan karena terdapat beberapa ikan yang nafsu makannya menurun diwaktu pertumbuhan nya.
Pakan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan untuk pertumbuhan ikan. Penyemprotan probiotik pada pakan berpengaruh pada kecepatan fermentasi pakan tersebut dalam saluran pencernaan, sehingga membantu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan. Anda bisa mencampurkan pakan dengan bakteri probiotik yang sudah difermentasi untuk memacu menambah nafsu makan ikan tersebut.

Manfaat Pemberian Probiotik :
Kepadatan kolam lebih tinggi (benih yang ditebar bisa lebih banyak dari biasanya)
Serangan penyakit yang menurun dan kematian dari bibit juga menurun (Baca Juga : (Cara Mengatasi Penyakit Ikan Lele)
Kualitas ikan lele lebih baik, daging tebal dan tubuhnya lebih panjang
Air yang tidak berbau (ramah lingkungan sekitar)
Bisa menghemat biaya pakan ikan

Menurut statistiknya pakan yang diberi probiotik dapat diserap ikan maksimal 40% dan pakan yang diberi probiotik bisa menyerap lebih besar dari 40% bahkan dengan kondisi tertentu bisa mencapai 70%, jika probiotik tadi difermentasi minimal 12 jam.

Cara Membuat Probiotik Sendiri yang Mudah dan Murah :

Bahan-Bahan :
Sel multi mikroorganisme 100-200 cc (Yakult 2 botol)
Dedak halus 1 – 2 kg (dikukus/direbus) setelah itu dinginkan
Tetes tebu / gula merah sebanyak 1/2 – 2 liter/ kg (rebus & dinginkan)
Air bersih sebanyak 20 liter
Tambahkan Azzola micropilla secukupnya (pelepah pisang /diblender)
Buah nanas 1 buah (blender & saring kemudian ambil airnya)
Temulawak (curcuma) sebanyak 1/4 kg ( blender & rebus bersama gula merah & dinginkan), Ini berguna untuk menambah nafsu makan ikan sekaligus memperkebal sistem imun tubuh ikan lele terhadap penyakit & cuaca extrim.
Wadah ember kosong yang sudah dibersihkan
Jurigen ukuran 30 liter

Cara Membuat :

Semua bahan nomer 1-7 semuanya dicampurkan menjadi satu di wadah ember kosong yang sudah disiapkan kemudian aduk hingga merata.
Jika sudah, selanjutnya pindahkan adonan yang ada di ember ke dalam jurigen yang sudah steril dan bersih dan tutup rapat-rapat.
Jurigen berisi ramuan sudah siap, saatnya menyimpannya di tempat yang gelap agar fermentasi berkerja, minimal penyimpanan 7 hari.
Pantau terus tiap hari, jika dilihat jurigen mengembung maka buka tutupnya pelan-pelan hingga gas dan uapnya keluar lalu tutup rapat kembali.
Khusus bahan Azzola, jika tidak ada anda bisa menggunakan pelepah pisang atau kacang-kacangan.

                                                 Gambar 1. Probiotik pada budidaya ikan

Dipublikasikan Oleh :

Andi Bambang Suriansya, S.Pi
Penyuluh Perikanan Muda Kab.Gowa
Tanggal 31 Juli 2018

2 komentar:

  1. Did you realize there's a 12 word phrase you can tell your crush... that will trigger intense emotions of love and instinctual appeal to you deep within his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, please and protect you with all his heart...

    =====> 12 Words That Fuel A Man's Love Instinct

    This instinct is so hardwired into a man's brain that it will drive him to try harder than before to make your relationship the best part of both of your lives.

    As a matter of fact, triggering this mighty instinct is absolutely important to achieving the best possible relationship with your man that once you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll immediately find him expose his soul and heart to you in a way he's never expressed before and he'll distinguish you as the one and only woman in the world who has ever truly appealed to him.

    BalasHapus
  2. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus

Cara Budidaya Ikan Lele dengan Media Kolam Tanah dan Tips Pemeliharaannya Budidaya ikan lele merupakan salah satu kegiatan atau usaha yang b...