Selasa, 31 Juli 2018

Peluang Usaha Bisnis Budidaya Ikan Betutu

Ikan betutu adalah termasuk salah satu dari jenis ikan air tawar yang mempunyai prestise lebih dibanding dengan ikan air tawar lain. Harga jual yang begitu mahal membuat ikan yang memang dikenal dengan sebutan ikan malas ini memang lebih diminati oleh kalangan menengah atas serta umumnya dijumpai di kalangan resto dan hotel berbintang.


Bila dulu pamor ikan betutu ini belum sepopuler ikan lele, mujair, gurame atau juga jenis ikan tawar lain, kini ikan betutu ini mulai banyak dilirik untuk dibudidayakan. Ikan betutu atau Oxyeleotris marmorata mempunyai beberapa sebutan, seperti ikan bakut, ikan bakutut, ikan belosoh, ikan boso, ikan boboso, ikan bodobodo, ikan bodoh, ikan gabus bodoh, ikan ketutuk, ikan malas dan ikan hantu. Ikan betutu juga disebut dengan marble goby atau juga marble sleeper, karena ciri khas dari pola-pola warna di sekitar tubuh ikan yang mirip dengan batu pualam yang kemerahan.
Ikan betutu yang pada umumnya dijumpai di dalam air payau, sungai – sungai yang memang tidak jauh dari muara atau juga dari pantai, berarus tenang serta berlumpur, rawa serta danau dengan dasar berlumpur. Ikan dengan ciri berkepala besar ini mempunyai panjang tubuh maksimum adalah sekitar 65 cm, namun rata – rata antara 20 sampai 40 cm.
Ikan betutu adalah ikan asli negara indonesia yang berasal dari sebuah pulau kalimantan. Namun ada juga yang memiliki berpendapat bahwa ikan betutu ini asalnya adalah dari daerah Sumatera. Ikan betutu ini termasuk ikan labirin sehingga dapat menyerap oksigen secara langsung dari udara. Sehingga sangat amat menguntungkan di dalam hal pengiriman ke suatua atau sebuah tempat yang jauh.
Prospek Binis Usaha
Ikan betutu termasuk ini ikan konsumsi berharga mahal, namun sejauh ini belum ada banyak pelaku usahanya. Selama ini bisnis usaha ikan betutu ini mengandalkan tangkapan dari alam, sehingga masih terbuka besar sekali peluang bagi pembudidaya ikan betutu baik dalam pembenihan ataupun pembesaran. Harga untuk ikan betutu ini memang cukup mahal sampai Rp. 300rb setiap kgnya, karena ikan ini mempunyai berbagai macam atau ragam khasiat dan juga kandungan gizi yang begitu sangat diminati oleh para konsumen di dalam atau juga luar negeri, terutama di dalam kalangan eksekutif. Tidak heran jika dengan harga yang begitu amat cukup tinggi, ikan betutu ini memang jarang diperjualbelikan di dalam sebuah pasar tradisional. Pangsa pasar ikan betutu ini memang cukup bergengsi karena ikan ini dipasok ke sebuah restoran – restoran kota besar bahkan ikan ini menjadi sebuah komoditi ekspor. Di dalam mancanegara seperti Singapura, Taiwan, dan juga China, ikan betutu ini menjadi santapan favorit yang berkelas di restoran-restoran kelas atas dengan harga menu dapat sampai pada nilai Rp. 400 rb per porsi. Di negara Malaysia, Jepang dan juga Singapura, kulit ikan betutu ini juga diolah menjadi minyak untuk sebuah obat bagi pasien ketika selesai operasi.


Khasiat Ikan Betutu
Tingginya akan sebuah harga dari ikan betutu ini disebabkan oleh karena cita rasanya yang begitu amat lezat, dagingnya yang amat begitu putih serta empuk nyaris tidak ada tulang. Ikan betutu ini juga dipercaya memang mengandung sebuah khasiat tertentu untuk pria dan juga wanita. Untuk kaum wanita, ikan betutu ini dipercaya bisa membuat Anda awet muda. Sedangkan untuk kaum pria, ikan betutu ini diyakini bisa meningkatkan yang namanya vitalitas atau juga libido serta berlimpah kandungan omega 3. Omega 3 di dalam tubuh ini berguna untuk dapat mengatasi penyakit pikun, penyakit jantung, dan juga bisa menstabilkan kolesterol. Di dalam tingkat petani, ikan betutu ini mempunyai harga sekitar Rp. 120rb sampai dengan 200rb per kg. Sedangkan di dalam tingkat konsumen untuk berat 1 samapi 2 kg saja harganya sudah mencapai Rp. 300rb di dalam kondisi yang siap saji seperti di dalam steam atau kukus. Menu dari masakan yang dibuat dengan betutu misalnya adalah betutu saus asam manis dan sop betutu. Umumnya dibuat dengan steam, karena kandungan dari nilai gizinya ini tidak banyak yang rusak.
Kelebihan dari Ikan Betutu
Selain dari harganya yang begitu mahal, kelebihan lain dari ikan betutu ini adalah mudah untuk dibudidayakan di dalam kolam tanah atau tambak, keramba apung, bak fiber, kolam senam ataupun di kolam terpal. Ikan betutu juga dapat dipelihara di dalam akuarium loh, tapi tentu saja jumlahnya memang terbatas. Untuk bisa melakukan budidaya di dalam akuarium dapat diberi pakan berupa cacing rambut. Dari semua lokasi tempat hidup seperti di atas, ikan betutu ini lebih cenderung suka hidup di dalam kolam tanah, yang penting dalam air kolam harus mengalir serta mengandung agax sedikit lumpur. Ikan betutu ini juga bersifat sebagai karnivora, sehingga ikan betutu lebih menggemari pakan ikan alami yaitu berupa ikan-ikan kecil semisal pakan buatan atau pelet. Cara untuk mencari mangsa juga tidak mudah agresif, hanya pasif atau malas, menunggu dan juga memangsa makanan yang memang lewat di depan mulut ikan betutu.
Sentra Budidaya
Sentra budidaya untuk ikan betutu saat ini lebih banyak sekali dijumpai di luar Jawa, terutama di daerah Kalimantan Selatan, Jambi, Kalimantan Barat dan juga Palembang. Karena sumber dari benih kebanyakan sumber benih ini didapat dari berbagai daerah tersebut, dengan cara memanfaatkan benih ikan betutu dari sebuah danau atau juga sungai. Jenis ikan betutu ini sebetulnya dapat dibudidayakan di semua daerah asalkan keadaan air pH-nya netral dan juga suhu udara ialah sekitar 27 derajat celcius. Ikan betutu ini juga tahan akan serangan hama penyakit, yang terpenting adalah ada aliran air di dalam kolam untuk bisa memperlancar suatu ketersediaan oksigen di dalam air kolam. Bila tidak ada sumber lain, dapat menggunakan suatu pompa air dan juga filter dipasang di dalam kolam seperti halnya sebuah akuarium.
                                                     Gambar 1. Budidaya Ikan Betutu

Dipublikasikan Oleh ;

Andi Bambang Suriansya, S.Pi
Penyuluh Perikanan Muda Kab.Gowa
Tanggal 31 Juli 2018

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus

Cara Budidaya Ikan Lele dengan Media Kolam Tanah dan Tips Pemeliharaannya Budidaya ikan lele merupakan salah satu kegiatan atau usaha yang b...